Apakah
Anda telah mengetahui bahwa industri yang akan booming tahun 2010
adalah bisnis dibidang makanan kesehatan/kebugaran.
Peningkatan 91%
dalam 20 tahun terakhir dengan melibatkan 53 juta orang di seluruh
dunia. Bisnis ini menjadi trend yang mulai sangat diminati di dunia.
Nilai Industri Global saat ini sudah mencapai 100 milyar USD. Luar
biasa, bukan?
Walaupun
pertumbuhannya sedemikian cepat, namun ini semua baru saja dimulai.
Momentumnya akan terus berkembang dan peluangnya masih terbuka lebar
untuk berada dalam tren bisnis ini.
The Wellness Boom / Baby Boomer
Mengapa semua orang selalu membicarakan Peluang Bisnis Kesehatan?
Menurut ekonom dan penulis buku Profesor Paul Zane Pilzer, dalam satu dekade mendatang industri dibidang kesehatan berkembang secara fantastik.
BABY BOOMER
adalah generasi trendsetter gaya hidup yang mampu menjadi mesin
penggerak ekonomi global. Mereka yang membuat industri properti meledak,
industri otomotif berkembang pesat, menggerakkan industri asuransi,
komputer,Baby Boomer adalah generasi yang berada pada puncak
penghasilan. Mampu mendapatkan lebih banyak uang, dan memiliki daya beli
tinggi. Mereka berada pada tingkat produktifitas tinggi.
Pada
usia yang sangat produktif (37 sampai 55 tahun) mereka ingin lebih
sehat (feel healthier), memperbaiki penampilan (look better),
memperlambat penuaan (slow down aging), dan ingin mencegah berbagai
macam penyakit (prevent diseases).
Pemerintah
pun tidak mau generasi ini runtuh, karena di Amerika, jumlah mereka
yang hanya 30% dari populasi bisa memberikan sumbangan GNP (Growth
National Product) sampai 50%. Di Amerika, menurut Paul, generasi Baby
Boomer menghabiskan US$ 200 miliar per tahun untuk produk perawatan
kesehatan atau sekitar setengah dari angka belanja kendaraan. Paul
memprediksi pada akhir 2010, belanja produk kesehatan generasi ini akan
mencapai US$ 1,9 juta atau sekitar Rp 19 miliar per menit. Meningkat
sekitar 500%.
Jadi,
jika pada tahun 70-an, dunia dikejutkan dengan microwave, tahun 80-an
industri video meledak, tahun 90-an, industri komputer dan internet
merambah dunia, maka memasuki abad 21 ini, industri perawatan kesehatan
(wellness industry) akan merajai dunia. Apalagi, tekanan persaingan,
pola makan, dan polusi semakin tinggi.
Ini adalah sebuah Peluang! Munurut Paul, ada Empat pilihan,
Pertama,
menjadi tenaga ahli (practitioner), mereka akan merasakan hasilnya
dalam jangka waktu beberapa tahun mendatang. Syaratnya, harus dibekali
dengan pendidikan. jadi, harus melakukan investasi dalam bentuk sekolah
yang akan menghabiskan dana tidak sedikit dan waktu beberapa tahun.
Lalu, mau menukarkan waktu sebagai peneliti dengan uang.
Kedua,
sebagai produsen (Manufacture). Tentu saja harus didukung dengan
investasi jutaan, bahkan miliaran dolar Amerika untuk membangun pabrik,
infrastruktur, biaya riset, hak paten, pengangkutan barang dll.
Ketiga,
penjual eceran juga berpeluang yang sangat menggiurkan. Tetapi tetap
saja harus menyiapkan beberapa hal. Seperti, membayar lisensi, mampu
bekerja tujuh hari seminggu, memiliki strategi iklan, dan membayar
sejumlah karyawan.
Keempat,
distributor. Dalam 30 tahun perkembangan bisnis di dunia, distributor
adalah bagian rantai bisnis yang mendapat keuntungan paling besar. Sam
Walton (pemilik Wall Mart), Fred Smith (Fedex), Josh Bishop
(Arnazon.com). Mereka adalah distributor dengan cara yang selama ini
dikenal masyarakat.
Distributor
abad 21 ini akan menjadi miliarder dengan cara yang lebih cerdas.
Yakni memberikan pendidikan kepada konsumen tentang produk baru dan
memberikan informasi tentang cara penyalurannya. Yakni, dengan sistem Network Marketing.
Bisnis
distribusi ini memang sangat mengendalikan kecepatan pikiran, dan
penguasaan produk yang lebih baik. Pasar potensial adalah Baby Boomer.
Di Amerika saja jumlah mereka sekitar 78 juta dengan uang tunai US$ 1
triliun. Mereka siap membayar berapa saja agar tetap awet muda, sehat,
dan penuh vitalitas.
Sebuah pepatah dari Cheryl Russel:
“Bisnis yang cukup cerdik adalah mengenali apa yang diinginkan Baby Boomer“.
Apa anda masih mau menunda kesempatan untuk mengambil peluang ini
sekarang dan jadi bagian didalamnya, atau membiarkannya lewat begitu
saja? Anda yang memutuskan!
Posting Komentar